Model Pembelajaran Kooperatif Yang Baik Untuk Diperagakan

Model Pembelajaran Kooperatif Yang Baik Untuk Diperagakan - Saat ini banyak sekali model pembelajaran yang tersedia, salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif atau model pembelajaran yang lebih cenderung mengutamakan suatu kelompok yang terdiri atas siswa dengan jumlah dan bagian yang sudah ditentukan. Tentunya model pembelajaran ini memiliki banyak kelebihan dan juga manfaat baik itu untuk pengajar maupun siswa didik, namun perlu diperhatikan pula bahwa dalam satu kelompok harus terdiri siswa didik yang memiliki kemampuan yang bervariatif, misalkan 1 kelompok terdiri dari 4 orang, 2 orang diantaranya memiliki kecerdasan yang tinggi,dan sisanya memiliki tingkat kecerdasan yang sedang dan rendah, sehingga mereka bisa saling mengajari satu sama lain dan mengutamakan prinsip kerja sama.

Mungkin beberapa pengajar ingin memperagakan model pembelajaran yang satu ini akrena dinilai lebih efektif,serta memiliki banyak manfaat bagi pengajar dan siswa didik. Pada postingan kali inilah saya akan memberikan anda beberaa informasi mengenai Model Pembelajaran Kooperatif Yang Baik Untuk Diperagakan. Dalam Pembelajaran Kooperatif terbagi menjadi 4 bagian yakni :


  • TAI
  • STAD
  • Rally Table
  • Jigsaw

Model Pembelajaran Kooperatif Yang Baik Untuk Diperagakan



Model Pembelajaran Kooperatif Yang Baik Untuk Diperagakan



ke 4 bagian tersebut memiliki pengertian yang berbeda, dan berikutlah model model pembelajaran Kooperatif :

1.TAI (Team Assisted Individualization)

TAI atau Team Assited Individualization adalah metode pembelajaran yang dihasilkan dari penggabungan metode kooperatif dengan individu, jadi siswa didik diharuskan untuk mengikuti media pembelajaran sang pengajar dan diberikan pokok matersi untuk dibicarakan, kemudian hasil pembicaraan tadi diserahkan kepada kelompok lain untuk diperiksan atau diberi pendapat masukan mengenai apa yang dibutuhkan. Setelah selesai setiap siswa dites mengenai materi yang baru saja dipelajari dan dibicarakan dengan kelompoknya secara lisan ataupun tertulis, hal ini dirasa cukup efektif.

2.STAD (Student Teams Achievement Division)

Yang kedua adalah STAD atau Stundent Temas Achievement Division, masih sama sepereti TAI bahwa siswa didik akan dikumpulkan dan dibentuk beberapa tim yang terdiri dari sebagian anggota,kemudian setiap tim diberikan beberapa presentasi materi pelajaran dengan tes, untuk nilai individu dan nilai team dibedakan atau dipisah. Walaupun demikian, siswa didik diharapkan tetap berusaha menjalin kerja sama antar anggota team.

3.Round Table atau Rally Table

Cara ini dapat disebut dengan cara bergantian, jadi suatu kelompok yang berisikan anggota siswa didiknya, diberikan pertanyaan secara bergilir, jika jawabannya salah maka kelompok tersebut diharuskan mencari kembali jawabannya pada materi yang tersedia. Kesimpulannya, Round Table adalah metode pembelajaran Kooperatif yang memutar balik antar siswa mengenai pertanyaan yang diberikan

4.Jigsaw

Keutamaan dari model pembelajaran yang satu ini adalah dengan menitik beratkan rasa tanggung jawab seorang siswa didik terhadap materi yang telah diberikan dan juga tanpa mengesampingkan rasa tanggung jawab terhadap kelompoknya. Jadi seorang siswa harus bisa bertanggung jawab dengan materi serta kelompok, ia diharuskan untuk menguasai materi serta saling bertukar ilmu dan mengajarkan kepada anggota kelompok lainnya. Biasanya seorang siswa dari setiap kelompok yang memiliki kecerdasan tinggi akan dibentuk kelompok ahli yang bertugas untuk mengajarkan materi yang bertopik sama kepada anggotanya.

Demikianlah Model Pembelajaran Kooperatif yang dapat saya sampaikan, jika anda ingin memperagakan teknik atau model mengajar tersebut, silahkan coba sendiri dan rasakan hasilnya, semoga anda dapat mempraktekan model - model diatas. Terima kasih sudah membaca ulasan pada kali ini.




0 komentar:

Posting Komentar