Contoh Surat Kuasa Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Kuasa Yang Baik Dan Benar - Surat kuasa adalah salah satu bentuk perantara yang diberikan kepada suatu pihak atau orang dengan pernyataannya secara tertulis dan tertulis secara sangat jelas mnengenai apa yang diserahkan, nama penyeran dan penerima, serta tanda tangan dengan materai 6000 supaya lebih kuat dan jelas bukti jika suatu saat ada konflik yang mempertentangka hak milik mengenai apa yang sudah di serahkan kepada orang lain, biasanya surat kuasa seperti ini dibuat untuk sesuatru yang bersifat resmi atau administratif seperti lembaga lembvaga resmi atau perusahaan besar.

Namun untuk sekedar pernyataan saja, tidak perlu serumit seperti serah terima yang ada pada suatu lembaga resmi, cukup tuliskan nama,pernyataan,dan juga bubuhkan tanda tangan dari kedua pihak. Biasanya surat kuasa dibuat untuk mewakili seseorang yang tidak bisa melakukan suatu hal sendirian atau butuh bantuan orang lain, maka dari itu norang yang diserahi perintah akan menerima surat kuasa sebagai bukti bahwa orang tersebut telah diberikan hak kuasa oleh orang yang sebenarnya.

Jenis Surat Kuasa


  • Surat Kuasa Formal, yaitu surat kuasa yang digunakan oleh lembaga resmi dan membutuhkan saksi serta tanda tangan dengan materai 6000 sebagai penguat, biasanya digunakan oleh kantor dinas resmi atau formal.
  • Surat Kuasa Non-Formal,tidak ada perbedaan yang mencolok antara formal dan non formal, karena yang menjadi perbedaan hanyalah saksi dan juga materai yang dibubuhkan setelah tanda tangam. Isinya tetap sama, hanya berbeda sedikit saja.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan


  • Tuliskan judul surat kuasa pada bagian paling atas, sebisa mungkin menuliskan judul yang singkat namun memiliki pengartian yang jelas dan langsung terarah pada maksud anda.Jika surat yang anda buat bersifat resmi, buatlah kop surat sesuai dengan lembaga yang tertera, jika non formal, cukup tuliskan judul saja.
  • Jangan lupa untuk mencantumkan pihak pihak yang terlibat pada surat kuasa tersebut, tuliskan nama,alamat dan nomor HP secara jelas
  • Tulis tanggal,tempat dimana surat ini dibuat dengan jelas
  • Jika surat yang anda buat adalah surat resmi maka bubuhkan tanda tangan dan materai 6000 untuk penguat serta saksi, jika non formal, maka cukup dengan tanda tangan saja.

Contoh Surat Kuasa Yang Baik Dan Benar


Contoh Surat Kuasa Yang Baik Dan Benar
Sumber Gambar


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                     : Fauzi Akmal
Tempat/Tgl. Lahir   : Klaten, 08 Oktober 1993
Pekerjaan               : Pegawai
Alamat                   : Yogyakarta, Jln Jalak no. 08 

Memberikan kuasa pengambilan gaji untuk bulan Maret dikarenakan saya sedang sakit. Oleh karena itu, saya akan memberikan kuasa kepada :

Nama                     : Luthfia Anggita Zulfa
Tempat/Tgl. Lahir    :Pemalang, 08 April 1993
Pekerjaan                : Swasta
Alamat                     : Yogyakarta, Jln Jalak no. 10

Demikian Surat Kuasa ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 20 Maret 2013.

Penerima Kuasa                                                                                      Pemberi Kuasa

Materai
Rp6.000,-

( Luthfia Anggita Zulfa )                                                                                     (Fauzi Akmal )


Itulah beberapa cara dan juga contoh dalam pembuatan Surat Kuasa Yang Baik Dan Benar,semoga postingan kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda dalam referensi pembuatan surat kuasa. Kurang lebihnya postingan ini kami mohon maaf, sampai jumpa di postingan selanjutnya

0 komentar:

Posting Komentar