Tips menjual rumah yang masih KPR

Banyak masyarakat mempertanyakan perihal menjual rumah yang masih dalam proses KPR. Tentu saja hal tersebut meresahkan sejumlah penjual yang ingin menjual properti mereka yang masih dalam proses KPR. Hal tersebut didasari oleh beberapa aspek semisal ingin membeli rumah baru yang lebih besar, faktor ekonomi yang dalam kondisi sulit, dan juga ingin pindah ke daerah yang lebih baik. Berikut beberapa tips menjual rumah yang masih KPR yang dapat anda lakukan, seperti :

Mempercepat Pelunasan KPR

tips pertama yang dapat menjadi pilihan adalah melunasi utang kredit lebih cepat. Hal ini dikarenakan bila anda telah melunasi tunggakan anda maka pihak bank akan menyerahkan sertifikat hak milik rumah anda dan anda dapat menual rumah yang telah bersertifikat tersebut kepada orang lain.

Namun pembayaran cicilan KPR lebih awal dari jangka waktu umumnya akan dikenakan denda yang mana denda tersebut berdasarkan presentasi yang telah disepakati di awal kontak sebelumnya. Cara ini merupakan cara yang mudah diterapkan. Namun, cukup berat dalam hal keuangan dikarenakan anda memerlukan uang dalam jumlah yang cukup besar untuk melunasi htang beserta denda tersebut.



Menemukan Pembeli yang dapat melunasi Cicilan KPR rumah anda
Cara lain yang dapat anda terapkan adalah menemukan pemeli yang berkenan memiliki rumah dijual di bandung KPR anda. Cara ini sangatlah penting untuk menjelaskan kondisi rumah anda terlebih dahulu. Ketika sudah menemukan pembeli yang berminat, maka ada beberapa tahap yang harus dilewati, seperti :


  • pembeli melunasi sisa cicilan KPR kepada pihak bank agar sertifikat hak milik diserahkan kepada pemilik. Dengan kata lain rumah resmi menjadi rumah pemilik bukan rumah jaminan lagi.
  • pembeli membayar sisa harga jual rumah kepada penjual sesuai dengan kesepakatan. Dengan kata lain sisa pembelian rumah yang sudah dibayarkan kepada pihak bank diberikan kepada penjual.
  • melakukan proses akad jual beli rumah yang dilakukan di depan notaris, yang disertai juga pembuatan akta jual beli.


Over Kredit Rumah
Cara ini merupakan cara yang populer ketika hendak membeli rumah KPR. Pada umumnya terdapat dua pilihan, yakni mengambil alih KPR ke bank yang sama atau memindahkan KPR ke bank lain.

Demikian Tips menjual rumah yang masih dalam proses KPR. Semoga artikel diatas memberikan manfaat untuk anda yang sedang mengalami kebingungan dalam menjual rumah yang sedang dalam kondisi KPR.

0 komentar:

Poskan Komentar